Home All News Ketua DPRD Kota Bandung Sampaikan 5 Hikmah Berkurban
All News - Parlemen - 2022-07-11

Ketua DPRD Kota Bandung Sampaikan 5 Hikmah Berkurban

MATAKOTA, Bandung – Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan berharap, dalam momen Hari Raya Iduladha saat ini, umat Muslim dapat mengambil hikmah dari peristiwa Nabi Ibrahim AS., dalam meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Hal itu disampaikan Tedy saat menjadi imam dan khatib Salat Iduladha 1443 H, di Pelataran Halaman Kantor DPRD Kota Bandung, Minggu (10/7/2022).

Tedy menyampaikan lima hikmah yang bisa dipetik dari Hari Raya Kurban yaitu, keikhlasan, kesabaran, menjaga hawa nafsu, menjaga soliditas keluarga, dan menjaga ukhuwah Islamiyah.

“Pertama, pentingnya menghadirkan keikhlasan dan menjadikan ketaatan dengan dilaksanakan perintah Allah, Sebagaimana Ismail ikhlas untuk bersedia dikurbankan atas dasar ketakwaan dan keimanan kepada perintah Allah SWT.,” ucapnya.

Hikmah kedua berkenaan dengan lapangnya kesabaran Nabi Ibrahim AS., sebagaimana menuruti perintah Allah untuk mengikhlaskan anak yang didambakan sejak lama demi menjalankan perintah Allah SWT.

Selanjutnya, Tedy juga menjelaskan bahwa niat berkurban mampu menyembelih sifat hewani yang dipengaruhi oleh setan dan iblis, seperti seorang pedagang tidak mengurangi timbangan, begitupun para pemimpin untuk menjauhi korupsi. Menghapuskan sifat hewani dalam diri insan manusia dapat mengarahkan Muslim pada jalan yang diberkahi Allah SWT.

“Hikmah keempat adalah soliditas keluarga. Kalau kita lihat kuatnya Siti Hajar dan Nabi Ibrahim AS., dengan ketaatan kepada Allah yang menyeluruh dan totalitas kepada Allah, kesolidan keluarga dalam ketakwaan seperti ini yang patut kita tiru,” ujarnya.

Dan yang terakhir adalah Ukhuwah Islamiyah atau kesalihan sosial. Dengan berkurban, kita bisa memberikan manfaat kepada saudara-saudara yang membutuhkan, karena sejatinya tangan di atas merupakan tangan yang terbaik

Sebelum menutup khutbahnya, Tedy berharap dengan mengimplementasikan hikmah-hikmah tersebut maka dari tahun ke tahun kualitas keimanan dan ketakwaan kita akan meningkat. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Ema Sumarna Kukuhkan Paskibraka Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Sebanyak 99 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)…