1 651x375 1
Home All News Kerap Tergenang Banjir, Komisi IV DPRD Jabar Minta Perbaikan Jalan di Jalur Cicalengka-Cijapati
All News - Parlemen - 2021-06-04

Kerap Tergenang Banjir, Komisi IV DPRD Jabar Minta Perbaikan Jalan di Jalur Cicalengka-Cijapati

MATAKOTA, Bandung – Jalur Jalan Cicalengka-Cijapati merupakan jalur alternatif bagi pengguna kendaraan yang akan menuju Kabupaten Garut. Jalur ini kerap dilintasi pengendara untuk menghindari kemacetan di jalur utama Bandung-Garut.

Sayangnya, kualitas jalan di jalur tersebut masih memprihatinkan karena kerap tergenang banjir, ekses dari ketinggian jalan yang lebih rendah dari tanah di sekitarnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IV DPRD Jabar Drs H Daddy Rohanady menyatakan, telah berkoordinasi dan meminta Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (PUPR) Jabar melalui UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah III Bandung, untuk dilakukan peningkatan dan peninggian jalan di jalur Cicalengka-Cijapati..

“Komisi IV DPRD Jabar, sudah minta agar jalan di jalur alternatif Cicalengka-Cijapati, dilakukan peningkatan atau ditinggikan. Untuk anggarannya, kita minta agar diusulkan dalam RAPBD 2022 mendatang,” ucapnya, Rabu (2/6/2021).

Daddy berujar, sepanjang 400 hingga 500 meter jalan di jalur alternatif Cicalengka-Cijapati sering terendam banjir. “Walaupun sudah dibeton, tentu itu akan berpengaruh terhadap umur rencana jalan. Tidak akan lama jalan tersebut akan mengalami kerusakan,” terangnya.

“Walaupun jalan yang sering terendam sekitar 500 meter, tapi kita (Komisi IV) meminta agar anggaran yang direncanakan dan diusulkan untuk 1 kilometer,” imbuh Daddy.

Diungkapkan, Kepala UPTD PJJ Wilayah III Bandung (Ruhiyat) saat masih menjabat kepala UPTD PJJ Wilayah II Sukabumi, berhasil berkolaborasi dengan beberapa perusahaan di Sukabumi untuk meningkatkan jalan sepanjang 12 KM.

“Kenapa hal serupa tidak dapat diterapkan untuk penanganan jalan Cicalengka-Cijapati yang sering terendam? Padahal di sepanjang jalur tersebut cukup banyak perusahaan. Sekiranya dapat juga dijajaki untuk berkolaborasi,” ucap dia. (ADV/DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Bandung Turun Langsung Bagikan Beras Bantuan Kemensos

MATAKOTA, Bandung – Wakil Wali Kota Yana Mulyana tak ingin membuang waktu dalam meny…