Home All News Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Memberikan 49.547 Unit Set Top Box ke Kota Bandung
All News - Pemerintahan - 2022-11-04

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Memberikan 49.547 Unit Set Top Box ke Kota Bandung

MATAKOTA | Bandung, |  Kota Bandung menerima 49.547 unit Set Top Box (STB) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Unit STB tersebut akan didistribusikan kepada warga kurang mampu agar tetap dapat mengakses siaran televisi. Seperti diketahui, mulai Selasa 2 November 2022 lalu, Kementerian Kominfo telah mematikan siaran televisi analog untuk wilayah Bandung Raya termasuk Kota Bandung. Selanjutnya, siaran televisi beralih ke digital.

Untuk dapat menerima siaran televisi digital, pemilik televisi harus menggunakan STB. Siaran televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A. Brilyana, bantuan STB tersebut akan segera diditribusikan ke seluruh wilayah di Kota Bandung. Salah satu kecamatan yang memperoleh bantuan terbanyak di antaranya, Babakan Ciparay sebanyak 5.470 unit, Bojongloa Kaler (3.503 unit), dan Andir (2.159 unit). “Kita berkoordinasi dengan kewilayahan untuk mendistribusikannya,” kata Yayan.

Bagi warga yang mampu, STB bisa diperoleh di toko elektronik terdekat. Dikutip dari situs kominfo.go.id, untuk bisa menonton siaran televisi digital, pertama perlu pastikan bahwa di daerahmu sudah terdapat siaran televisi digital.

Kedua, tetap memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Ketiga, pastikan bahwa televisi di rmah sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.

Jika televisi di rumah hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka perlu memasang dekoder set top box. Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi di rumah adalah televisi untuk siaran analog.

Setelah perangkat televisimu tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televisi digital. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jabar Hattrick Juara Umum Porwanas

MATAKOTA | Malang,  — Jawa Barat menjadi juara umum pelaksanaan Pekan Olahraga Warta…