Home All News HUT PDIP Ke-49, Momentum Kukuhkan Ajaran Bung Karno
All News - Regional - 2022-01-10

HUT PDIP Ke-49, Momentum Kukuhkan Ajaran Bung Karno

MATAKOTA, Bandung – Rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-49, yang jatuh hari ini 10 Januari 2022, dimulai dengan upacara, bagi-bagi tumpeng, hingga tasyakuran. Juga mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

”Momentum ini semakin mengukuhkan kebanggaan kita sebagai penerus ajaran Bung Karno,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Achmad Nugraha, saat dihubungi, Senin (10/1/2022).

Achmad mengatakan, ulang tahun PDI Perjuangan tahun ini yang mengambil tema: “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya”, mencerminkan spirit kuat untuk membangun optimisme dan recovery,  seluruh anak bangsa keluar dari himpitan ekonomi terdampak pandemi COVID-19.

“Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya”, ini mengisyaratkan sebuah semangat kolektif membangun jiwa lalu badannya atau jasmani seluruh kader partai untuk senantiasa membawa bangsa ini menghadapi setiap persoalan, bahkan dalam merefleksikan tekad bergotong royong untuk membangun imunitas rakyat.

”Kami hadir lewat kerja kerakyatan mulai dari DPC, PAC, ranting, anak ranting, sayap partai dan lembaga serta fraksi di DPRD Kota Bandung, semuanya bergerak solid membantu masyarakat, terutama yang sedang kesulitan. Semua bergerak sesuai penugasan masing-masing,” sebut Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini.

Achmad menambahkan, ulang tahun PDI Perjuangan ke 49 ini, juga menjadi momentum untuk memperkuat semangat para kader PDIP di Kota Bandung.

”HUT PDI Perjuangan ke-49 menjadi momentum untuk melipatgandakan tekad tersebut,” pungkas Achmad.

Sebelumnya, di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, di Jalan Arcamanik Endah Kota Bandung Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Diah Permata Saraswati didampingi Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-49 PDI Perjuangan tingkat Kota Bandung, Robert Kennedy mengajak seluruh kader PDI Perjuangan di Kota Bandung untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi. Hal ini, sesuai dengan tema peringatan ulang tahun PDI Perjuangan, “Bangunlah Jiwa dan Badannya, Untuk Indonesia Raya”.

“Kita tengah berbenah dalam pemulihan ekonomi setelah dua tahun diterpa Covid-19. Momentum ini sangat tepat digunakan dalam membangun kembali semangat pembangunan,” ujar Diah.

Terkait komitmen PDI Perjuangan terhadap lingkungan hidup sangat kuat. Hal itu dibuktikan penanaman pohon di bantaran-bantaran sungai sebagai upaya pencegahan bencana alam, utamanya banjir.

Penanaman pohon yang dilakukan di Babakan Siliwangi atau Teras Cikapundung, Kota Bandung, kali ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan ulang tahun PDI Perjuangan ke-49 dan penanaman pohon tersebut kelanjutan dari kegiatan yang sama yang dilaksankan pada tahun lalu.

“Ini bentuk komitmen PDI Perjuangan terhadap pelestarian lingkungan dan alam,” kata anggota DPRD Kota Bandung periode 2014 – 2019 ini.

Selain itu, ulang tahun partai berlambang moncong putih diisi dengan pemecahan rekor MURI dengan peserta upacara terbanyak. Upacara di Kota Bandung, dikatakan Diah, diikuti sekira 60 orang, yang terdiri dari unsur DPC, PAC, ranting, anak ranting, sayap partai dan lembaga.

“Upacara ini diikuti seluruh kader di Indonesia, termasuk Jawa Barat dan Kota Bandung. Untuk jumlah pastinya secara nasional kami tidak tahu,” ucap Diah.

Dalam kesempatan itu, sejumlah kader membagikan tumpeng ke masyarakat yang melintas di sekitar Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Bandung. Pembagian tumpeng ini pun, diutarakan Diah, merupakan salah satu rangkaian acara peringatan ulang tahun partai besutan Megawati Soekarnoputri.

“Kita membagikan tumpeng ke masyarakat sesuai dengan usia PDI Perjuangan saat ini, yaitu 49,” sebut Diah. (EDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Ema Sumarna Kukuhkan Paskibraka Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Sebanyak 99 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)…