Home Berita Dusun Desa Sukatali Kini Miliki Mesjid Asmala Nan Megah
Berita - 2023-02-06

Dusun Desa Sukatali Kini Miliki Mesjid Asmala Nan Megah

MATAKOTA || Sumedang — Warga Dusun Cariang Desa Sukatali Kecamatan Situraja kini memiliki mesjid kebanggaan yang baru saja diresmikan oleh Bupati Dony Ahmad Munir, Minggu (5/2).

Mesjid yang berdiri megah tersebut lokasinya sangat strategis yakni di pinggir Jalan Sumedang-Wado, tepatnya di sentra pedagang Sawo Sukatali. Tidak hanya dilengkapi fasilitas toilet dan tempat wudlu, terdapat pula perpustakaan dan taman.

Dikatakan Bupati, hadirnya Mesjid De Asmala bentuknya indah dan unik bisa memotivasi masyarkat untuk bersama-sama ikut memakmurkannya.

“Tentunya dengan mesjid ini akan menjadi motivasi bagi kita semua untuk bersama-sama ikut membangun dan memakmurkam mesjid. Ini bisa menjadi tauladan atau contoh bagi yang lainnya,” ujarnya.

Menurut Bupati, Mesjid De Asmala merupakan masjid yang sangat bersejarah bagi pendirinya karena didedikasikan untuk ibunya yakni Alm. Asmala.

“Masjid ini merupakan ikhtiar dari sebuah keluarga, dengan membangun mesjid yang didedikasikan untuk Ibunya (Alm. Asmala),” ucap Bupati.

Bupati berharap nantinya mesjid itu akan menjadi rest area bagi masyarakat yang akan berkunjung ke objek wisata Jatigede.

“Nantinya bisa menjadi rest area bagi yang akan berwisata ke Jatigede. Karena di sekitaran mesjid ini juga ada argowisatanya. Saya lihat di belakang mesjid ini juga ada banyak pohon Sawo Sukatali yang sangat terkenal, menjadi ciri khas yang harus dipertahankan,” ungkapnya.

Lebih dari itu Bupati menyebutkan, wisatawan yang datang ke mesjid ini nantinya bisa memetik sawo sendiri di belakang.

“Jadi untuk wisatawan yang datang ke mesjid ini bisa memetik sawo sendiri di belakang. Ini akan nyaman bagi wisatawan yang datang ke sini,” tuturnya.

Bupati juga merekomendasikan agar mobil wisata Tampomas tujuan Waduk Jatigede rest areanya di Mesjid De Asmala.

“Nanti kita akan himbau, rest areanya kalau pas waktu sholat direkomendasikan di Masjid De Asmalah,” terangnya.

Sementara itu, Deddy Rohenda sebagai pendiri mesjid dan anak dari Alm. Asmalah mengungkapkan, dirinya dan keluarga merasa bahagia karena Mesjid De Asmala telah selesai dan bisa diresmikan langsung oleh Bupati Sumedang.

“Saya sangat bahagia karena Masjid ini telah selesai dan diresmikan langsung oleh Pak Bupati,” ungkapnya.

Deddy juga menerangkan, mesjid tersbut nantinya dilengkapi dengan bangunan madrasah untuk anak-anak mengaji.

“Awal pertama ini saya bangun mesjid terlebih dahulu, lalu nanti di sekitaran mesjid akan dibangun madrasah untuk anak-anak belajar mengaji dan kita orientasi semua serba gratis. Di sini juga ada fasilitas lain yakni yang ada Taman Bacaan Masyarakat (TBM),” terangnya.

Deddy berharap mesjidnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan bisa menjadi Ikon Desa Sukatali.

“Semoga mesjid ini dapat bermanfaat dan dijadikan tempat beribadah khususnya untuk warga Desa Sukatali dan masyarakat lainnya,” pungkasnya.***

Check Also

Bank bjb Raih Penghargaan Best ESG, Bukti Komitmen pada Keberlanjutan

BANDUNG, matakota.com – Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) kembali m…