Home All News DPRD Jabar Sorot Permasalahan Sampah di Kabupaten Kuningan
All News - Parlemen - 2022-01-03

DPRD Jabar Sorot Permasalahan Sampah di Kabupaten Kuningan

MATAKOTA, Kuningan – Anggota DPRD Jabar Tina Wiryawati soroti permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Tina bilang, permasalahan sampah merupakan masalah serius, karena sampah akan berdampak terhadap masalah kesehatan dan lingkungan.

“Namun, jika sampah itu dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi peluang emas, dan segala permasalahan itu justru akan menjadi solusi,” ucapnya, Minggu (2/1/2022).

Menurutnya, sampah rumah tangga apabila dipilah akan menjadi sebuah peluang yang nantinya dapat dijadikan sebuah kerajinan, bahan pupuk  maupun untuk pakan budidaya maggot.

Tina mengatakan, berangkat dari permasalahan yang ditemukan, pihaknya menggelar pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga kepada para Kepala Desa, BUMDes dan kelompok masyarakat yang bertempat di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jabar pada 1 Januari 2022 kemarin.

Dengan pelatihan yang ia gelar itu, Tina berharap pemerintahan desa dapat bersinergi dengan kelompok masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan asli desa (Pades) dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemilahan sampah rumah tangga.

Kepala Desa Karangkamulyan Kecamatan Ciawigebang Yayat Supriyatna mengatakan, program pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga tersebut sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dalam mengelola sampah.

Yayat mengatakan, pada tahun 2020 pihaknya sudah melakukan program pengelolaan sampah rumah tangga, namun belum efektif.

“Maka mudah-mudahan dengan adanya program dari Tina Wiryawati Center Peduli Lingkungan (TWCPL) yang digagas oleh Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati, segala permasalahan sampah akan teratasi dengan baik,” ucapnya.

“Sehingga sampah rumah tangga itu akan menjadi peluang emas bagi kesejahteraan masyarakat,” imbuh Yayat. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Dua Proyek Dicoret Dari KUA-PPAS 2023, Dewan Sebut Sekda Merekedeweng

MATAKOTA, Bandung – DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menandatangani Nota Ke…