Home Berita DPRD Jabar Dukung Proyek Pembangunan Tol Socipa
Berita - 2022-05-13

DPRD Jabar Dukung Proyek Pembangunan Tol Socipa

MATAKOTA, Kabupaten Bandung – Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Jajang Rohana mendukung rencana pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Cidaun dan Pangalengan (Socipa), yang saat ini sedang digagas Pemkab Bandung.

Dia beralasan jalan tol jalur tengah selatan sedang disiapkan oleh pemerintah pusat dan sudah masuk dalam program strategis nasional. Proyek ini lanjutnya dalam rangka meningkatkan konektivitas antardaerah.

Dipaparkan  Jajang,  rencana pembangunan Jalan Tol Jalur Selatan Jawa Barat, seperti Jalan Tol Soreang Ciwidey Cidaun Pangalengan itu sudah masuk proyek strategis nasional dan sudah masuk juga ke dalam tata ruang Jawa Barat.

“Jadi, karena rencana ini sudah kewenangan pemerintah pusat dan dijadikan proyek strategis nasional, kami mendukungnya dan kami sudah menyapakatinya dalam tata ruang,”katanya Kamis (12/5/2022).

Dalam program strategis nasional tersebut, lanjut dia, Jalan Tol Soreang-Rancabali Kabupaten Bandung dan Cidaun Kabupaten Cianjur atau jalur tengah selatan Jawa Barat ini disiapkan untuk meningkatkan konektivitas dalam rangka pengembangan wisata dan ekonomi.

“Jalur tengah selatan itu di antaranya mencakup Kabupaten Sukabumi-Rancabali-Gambung Pasirjambu, Sedep-Subadra, Cikajang,” ujar Jajang.

Kecuali itu diapun mengaku mengusulkan juga pengembangan konektivitas antara Darajat Kecamatan Ibun dan Cihawuk Kertasari Kabupaten Bandung yang dinilai akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Saat ini akses yang menghubungkan Darajat Pada suatu kesempatan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan  menyetujui rencana pembangunan Jalan Tol Socipa, asalkan terkoneksi dengan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Gubernur Jabar memahami harus ada jalan tol yang mengarah ke tengah selatan Jawa Barat.

“Secara prinsip rencana pembangunan jalan tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan sangat baik. Tapi kalau berhenti sampai di situ, manfaat jalan tolnya tidak akan maksimal. Maka saya akan ijinkan kalau Jalan Tol Socipa ini bisa tembus sampai Cidaun Kabupaten Cianjur,”papar Ridwan Kamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis

MATAKOTA, Jakarta — Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komuni…