Home All News Di Kuningan, DPRD Jabar Ingatkan Pentingnya Penerapan Empat Pilar Kebangsaan
All News - Parlemen - 2022-01-23

Di Kuningan, DPRD Jabar Ingatkan Pentingnya Penerapan Empat Pilar Kebangsaan

MATAKOTA, Kuningan – Sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting dilakukan, agar pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, betul-betul diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai, tindakan dan perilaku yang dilakukan justru memecah persatuan bangsa.

Denikian disampaikan anggota Fraksi Gerindra DPRD Jabar Tina Wiryawati saat mengisi sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (21/1/2022).

Menurut Tina, pemahaman Empat Pilar Kebangsaan harus dibarengi dengan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pendekatan yang saya lakukan, setiap sila yang terkandung dalam tubuh Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bukan hanya sekedar slogan saja, atau Garuda Pancasila hanya sebatas pajangan di ruangan,” ucapnya.

Ia berharap, setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat tetap mengedepankan toleransi dan persatuan bangsa. Meski berbeda-beda, namun harus bersatu demi kemajuan pembangunan daerah.

“Jadi, program sosialisasi yang diagendakan DPRD Jabar ini sangat bagus. Namun, jangan hanya sebatas pengetahuan atau sekedar slogan saja, tapi sudah tepat belum sampai kepada perilaku kita sehari-hari,” ucap Tina.

Ia pun mengaku cukup prihatin atas ucapan Anggota DPR RI Arteria Dahlan yang menimbulkan polemik di kalangan masyarakat Sunda. Hal ini tentu tidak sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan.

“Ya tentunya itu mencederai kebhinnekaan, hal tersebut sangat memprihatinkan. Mudah-mudahan kedepan, hal-hal demikian tidak terulang lagi,” imbuhnya.

Apalagi menurutnya, program sosialisasi empat pilar kebangsaan tak hanya dilakukan anggota legislatif di tingkat provinsi. Justru di tingkat nasional seperti Anggota DPR RI juga mengadakan sosialisasi serupa.

“Kita di DPRD Jabar sosialisasi empat pilar kebangsaan sudah berjalan cukup lama, termasuk di DPR RI juga sama. Saya sangat prihatin dan menyayangkan, karena itu melukai masyarakat Sunda di Jawa Barat,” tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Kuningan Dede Ismail mengatakan, dirinya memuji sosok Tina Wiryawati yang kerap terjun ke sejumlah desa untuk bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat.

“Sebab Ibu Hj Tina Wiryawati ini sering turun ke masyarakat kaitan dengan penanganan sampah di Kuningan. Kalau hari ini terkait sosialisasi empat pilar kebangsaan, tentu menjadi motivasi bagi masyarakat agar memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan bermasyarakat,” tuturnya.

Dede bilang, kehadirannya dalam sosialisasi tersebut mewakili pengurus partai sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan. Sehingga dapat mendampingi langsung dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Ema Sumarna Kukuhkan Paskibraka Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Sebanyak 99 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)…