Home Pemerintahan Cegah Banjir Cingised Rumah Pompa Cironggeng Siap Dioperasikan
Pemerintahan - 2023-02-15

Cegah Banjir Cingised Rumah Pompa Cironggeng Siap Dioperasikan

MATAKOTA || Bandung —  Sebagai upaya penanganan banjir di kawasan Jalan Cingised, Cisaranten, hingga Arcamanik, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghadirkan Rumah Pompa Cironggeng di Jalan Cingised Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik.

Pembangunan rumah pompa telah selesai dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu 15 Februari 2023.

Yana mengatakan, hadirnya pompa air ini akan mempercepat surutnya genangan di Jalan Cingised. Selain rumah pompa, perbaikan drainase juga dilakukan sebagai upaya penanganan banjir.

“Dalam hitungan jam, banjir di wilayah ini insyaallah akan surut,” ujarnya.

Kendati demikian, Yana mengingatkan warga dalam memperlakukan air dan sampah. Karena sampah dan air berkaitan dengan penanganan banjir.

“Kami harapkan masyarakat jangan buang air limbah domestik ke drainase. Sebab ini bisa memengaruhi (berdampak terjadinya banjir),” ujar Yana.

Ia juga berharap, hadirnya Rumah Pompa Cironggeng dapat menunjang kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Sebelumnya, kawasan ini kerap dilanda banjir yang berdampak pada kegiatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi menyebut, ada dua pompa di Rumah Pompa Cironggeng yang masing-masing memiliki kapasitas 150 liter per detik, atau total 300 liter per detik.

Dengan kapasitas tersebut, diperhitungkan genangan air atau banjir dapat surut dalam kurun waktu sekitar 40 menit.

“Kita bisa sebut ini sebagai percontohan tempat di Kota Bandung yang berhasil atasi banjir,” ujar Didi.

Selanjutnya, Pemkot Bandung berupaya meningkatkan upaya penanganan banjir lewat perbaikan drainase dan juga rumah pompa. Terdekat, wilayah Cibaduyut ditargetkan memiliki rumah pompa sebagai upaya penanganan banjir. ***

Check Also

Starzgrey Luncurkan Single Ke 3 Berjudul “Hope”

MATAKOTA||BANDUNG – Minggu 7 juli 2024 Syifa Maula Asfaraina atau dengan nama panggu…