Home Berita Catat Yah! 120 Ribu Lansia Kota Bandung Akan Divaksinasi Besok
Berita - 2021-02-25

Catat Yah! 120 Ribu Lansia Kota Bandung Akan Divaksinasi Besok

Bandung, matakota.com — Besok, Jum’at tanggal 26 Februari 2021, Dinas Kesehatan Kota Bandung akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia). Diketahui, Kota Bandung mendapatkan jatah untuk tahap pertama penyuntikan bagi 120 ribu lansia.

Dijelaskan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani, terdapat 280 ribu lansia yang terdata di Kota Bandung.

Namun, kata Rosye, Dinkes Kota Bandung akan melakukan lebih dulu vaksinasi 120 ribu lansia yang telah mendaftar melalui sistem Kementerian Kesehatan.

“Saat ini kita terima vaksin covid-19 untuk 120 ribu lansia. Artinya untuk tahap sekarang belum semua lansia yang ada di Kota Bandung akan divaksinasi, ini akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya, Kamis (25/02/2021).

Lanjut Rosye, vaksinasi terhadap lansia akan dilakukan di 30 puskesmas dan beberapa rumah sakit di Bandung. Setiap lansia akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, salah satunya tekanan darah maksimal 180 per 100.

“Untuk lansia tidak seluruh bisa divaksin, ada kondisi kesehatan tertentu untuk dilakukan vaksinasi. Yang diperbolehkan itu dengan tensi (darah) di bawah 180 per 100,” katanya.

Rosye berujar, lansia yang memiliki penyakit penyerta pun diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin covid-19. Namun dengan catatan yang bersangkutan rutin melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan.

“Selama terkontrol (penyakit penyertanya) tidak masalah. Yang hati-hati itu penyakit yang tidak terkontrol, makanya kita lakukan asesmen juga, memberikan pertanyaan yang harus dijawab secara jujur oleh warga,” jelasnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Band Heirens Kejutkan Penggemar dengan Rilis Am I Wrong

MATAKOTA || Bandung, — Heirens merupakan Band Rock asal Bandung, Jawa Barat, Indones…