Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto (foto: humas)
Home All News Ayo Donor Darah, Ade Koesjanto: Stok Darah di PMI Kota Bandung Tidak Sebanding Dengan Permintaan
All News - Regional - 2021-06-24

Ayo Donor Darah, Ade Koesjanto: Stok Darah di PMI Kota Bandung Tidak Sebanding Dengan Permintaan

MATAKOTA, Bandung – Seiring dengan melonjaknya kasus COVID-19 di Kota Bandung, bertambah pula jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan darah semakin meningkat.

Hal itu diungkapkan Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto saat menghadiri kegiatan ‘Ayo Donor Darah’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Harmonis Bandung, Masyarakat Tionghoa Peduli (MTP), serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Kamis (24/6/2021).

Ade berujar, di tengah pandemi COVID-19 kebutuhan darah cukup meningkat. Sedangkan ketersediaan darah tidak sebanding dengan permintaan.

“Per hari kita membutuhkan 500 labu, itu harus kita penuhi,” ucapnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa mencukupi ketersediaan darah bagi mereka yang membutuhkan.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada MTP yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah,” ucap Ade Koesjanto.

Dia pun mengimbau dan mengajak masyarakat agar tidak sungkan datang langsung ke PMI Kota Bandung untuk mendonorkan darahnya.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, pascalibur lebaran terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang cukup signifikan. Bahkan, keterisian tempat tidur di Rumah Sakit (BOR) hampir menyentuh angka 94 persen.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (foto: humas)
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendonorkan darahnya pada acara Ayo Donor Darah yang diselenggarakan Yayasan Harmonis Bandung (24/6/2021). (foto: humas)

“Penambahan harian biasanya kita tidak lebih 100 kasus per hari. Di minggu-minggu ini sudah 100-an kasus per hari,” ucap Yana.

Pada kesempatan tersebut, Yana turut serta mendonorkan darahnya dan mengajak masyarakat Kota Bandung untuk bersama-sama ikut berpartisipasi menyumbangkan darah.

“Setetes darah yang didonorkan akan sangat berarti dan akan menolong mereka yang membutuhkan,” katanya.

“Tentunya kegiatan ini sangat berarti apalagi di masa pandemi. Semoga bisa memenuhi kebutuhan darah masyarakat khususnya yang sedang dirawat di rumah sakit,” tambah Yana.

Screenshot 2021 06 24 15 23 23 2

Diungkap Sekjen Yayasan Harmonis Bandung Yulius Tamara, rencananya kegiatan donor darah akan dilakukan di enam lokasi yang berbeda. Bagi yang berminat, kata Yulius, bisa mendaftar secara online.

“Calon pendonor harus mengikuti beberapa tahapan cek kesehatan. Termasuk, tes antigen COVID-19 untuk memastikan mereka benar-benar layak dan bisa mengikuti donor darah,” ucap dia.

“Sekarang lagi pandemi, ketersediaan darah di PMI menipis, ini darurat sekali. Kebetulan kita sering mengadakan baksos, jadi saat PMI Kota Bandung butuh darah kita lakukan gerakan donor darah, semoga bisa sedikit membantu,” tutupnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Langka di Pasaran, Ridwan Kamil Imbau Warga Jangan Stok Tabung Oksigen

MATAKOTA, Bandung – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau masyarakat ya…