Home All News Yuk Belajar Sejarah di Museum Kota Bandung, untuk Habiskan Liburan Sekolah
All News - Pemerintahan - 2022-07-14

Yuk Belajar Sejarah di Museum Kota Bandung, untuk Habiskan Liburan Sekolah

MATAKOTA, Bandung — Kota yang dikenal dengan julukan Kota Kembang ini tidak henti-hentinya memanjakan para wisatawan. Selain wisata alam dan wisata kuliner, Kota Bandung memiliki sajian wisata sejarah yang dapat menjadi alternatif mengisi waktu liburan.

Saat musim libur sekolah seperti saat ini, salah satu kegiatan yang bermanfaat adalah dengan belajar sejarah di Museum Kota Bandung.

Museum ini didirikan sejak tahun 2018 dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung saat itu, Oded M. Danial.

Sesuai namanya, Museum Kota Bandung menyajikan sejarah lengkap mulai dari pembangunan Kota Bandung hingga perkembangannya saat ini.

Tak hanya itu, museum yang terletak di Jalan Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bangunan museum ini menggunakan gedung peninggalan Belanda yang bersejarah, yaitu gedung “Frabelschool” (taman kanak-kanak) milik “Loge Sint Jan” sehingga pengunjung dapat bernostalgia.

Museum Kota Bandung menampilkan gambar-gambar Wali Kota Bandung mulai dari pertama hingga saat ini. Terdapat juga sejarah berdirinya organisasi kemasyarakatan sampai organisasi keagamaan di Kota Bandung.

Pengunjung Museum Kota Bandung, Rendi dan Anita, mengungkapkan, museum ini sudah masuk dalam daftar berwisata dirinya.

“Saya sudah “list’ museum ini sebagai tujuan wisata saya. Di sini juga sajian sejarahnya lengkap, infografis menarik, juga tempatnya nyaman. Jadi mengenal Bandung bukan hanya kulinernya, tapi juga sejarahnya,” ungkapnya.

Museum ini bahkan sudah dikenal hingga ke berbagai daerah. Kurnia, Petugas Keamanan Museum, mengatakan banyak pengunjung berasal dari luar Bandung.

“Biasa ramai saat weekend, banyak pengunjung yang dari luar Bandung juga, ada yang dari Cirebon, Bekasi, sampai luar Jawa Barat pun ada,” katanya.

Selain karena sejarah yang disajikan, museum ini pun dapat dikunjungi secara gratis. Pengunjung dapat menikmati museum ini pada hari Selasa-Minggu.

Yuk tunggu apalagi, mengisi liburan sekolah dengan belajar sejarah di Museum Kota Bandung!. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

bank bjb Kolaborasi dengan Kemenkop UKM Kembangkan SKOPI, Terus Dorong UMKM

MATAKOTA, Bandung —¬†bank bjb berkomitmen dan secara konsisten mendorong pelaku UMKM …