Home All News Wina Sariningsih Resmi Menjabat Anggota DPRD Kota Bandung
All News - Parlemen - 2022-12-16

Wina Sariningsih Resmi Menjabat Anggota DPRD Kota Bandung

MATAKOTA, || Bandung, — DPRD Kota Bandung menggelar rapat paripurna dengan agenda pelantikan N. Wina Sariningsih, S.E., sebagai anggota DPRD Kota Bandung Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan 2019-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan diikuti anggota DPRD Kota Bandung baik secara langsung maupun virtual. Turut hadir dalam rapat paripurna ini Wali Kota Bandung Yana Mulyana, serta jajaran Forkopimda Kota Bandung.

DPRD Kota Bandung telah menerima Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 171/Kep.714-Pemotda/2022 tentang Peresmian Pengganti  Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024 Atas Nama N. Wina Sariningsih, S.E., tertanggal 15 November 2022, yang menetapkan N. Wina Sariningsih, S.E., sebagai Anggota DPRD Kota Bandung Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024, menggantikan almarhum Ade Supriadi, S.E., dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya.

Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 157 ayat (1) huruf a Peraturan DPRD Kota Bandung Nomor 1 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, yang menyebutkan bahwa “Anggota DPRD berhenti antarwaktu karena meninggal dunia”.

Seperti diketahui, almarhum Ade Supriadi, S.E., adalah Anggota DPRD Kota Bandung yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Masa Jabatan 2019-2024 dari Fraksi Partai Gerindra, yang telah meninggal karena sakit pada tanggal 25 Juli 2022 yang lalu.

“Kami atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kota Bandung, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas Almarhum selama menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Bandung. Semoga Dharma Bakti yang telah dicurahkan untuk kepentingan masyarakat Kota Bandung menjadi ladang amal ibadah bagi Almarhum dan mendapat imbalan pahala dari Allah SWT. Aamin Yaa Rabbal Alaamin,” ujar Pimpinan Rapat Paripurna, Tedy Rusmawan.

Oleh karena itu, Rapat Paripurna kali ini melaksanakan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Bandung Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Anggota DPRD pengganti antarwaktu sebelum memangku jabatannya, mengucapkan sumpah/janji di gedung DPRD, yang teksnya dipandu oleh Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

Hal ini berdasarkan ketentuan pasal 114 ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota, Juncto Pasal 168 ayat (1) Peraturan DPRD Kota Bandung Nomor 1 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib.

“Kepada Yth. Sdri. N. Wina Sariningsih, S.E., yang baru disumpah menjadi Anggota DPRD Kota Bandung, kami atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kota Bandung menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas. Semoga kepercayaan yang diberikan kepada Saudara dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena pada dasarnya setiap kepercayaan yang diberikan mengandung konsekuensi pertanggungjawaban, tidak hanya kepada yang memberi kepercayaan, tetapi terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Tedy.

Pimpinan DPRD juga berharap agar dalam waktu yang tidak terlalu lama anggota DPRD Kota Bandung Wina Sariningsih bisa segera dapat menyesuaikan untuk memahami lingkup tugas kerja yang baru serta dapat bekerjasama dengan sesama anggota dewan, dengan Eksekutif dan mitra kerja yang lain.

“Bahwa pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggungjawab selaku Anggota DPRD tidaklah ringan, karena DPRD sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah sekaligus sebagai lembaga Legislatif penampung dan penyalur aspirasi rakyat, senantiasa dituntut untuk dapat berperan secara aktif sejalan dengan dinamika masyarakat, sehingga seluruh Anggota DPRD diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang diaspirasikan oleh masyarakat, sesuai dengan apa yang telah ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” tuturnya.

Selanjutnya, berdasarkan Pasal 112 ayat (1)  Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, juncto Pasal 166 ayat (1) Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, menyebutkan bahwa “Anggota DPRD pengganti antarwaktu menjadi anggota pada alat kelengkapan Anggota DPRD yang digantikannya”

Sesuai surat dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Bandung Nomor: 0113/F.GERINDRA.KT.BDG/XII/2022 Tanggal 13 Desember 2022 perihal Perubahan Alat Kelengkapan Dewan Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Bandung, N. Wina Sariningsih ditunjuk sebagai Anggota Komisi B dan Anggota Badan Musyawarah, menggantikan Ir. Kurnia Solihat yang telah diberi amanah oleh Fraksi Partai Gerindra untuk mengisi kursi pimpinan DPRD Kota Bandung menggantikan almarhum Ade Supriadi.

“Perubahan Susunan Keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan tersebut, akan kami tuangkan dalam Keputusan DPRD Kota Bandung tentang Pembentukan Susunan dan Keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD Kota Bandung,” ujar Tedy. *red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

bank bjb Gelar Khitanan Massal: Program CSR untuk Masyarakat Bandung Raya

BANDUNG, matakota.com – bank bjb kembali menggelar kegiatan Khitanan Massal bagi anak-anak…