Home Regional Pj Bupati Sumedang Ajak Wartawan Bahu Membahu Membangun Sumedang
Regional - 2023-11-29

Pj Bupati Sumedang Ajak Wartawan Bahu Membahu Membangun Sumedang

MATAKOTA,SUMEDANG, Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman membuka acara Konferensi Pemilihan Kepengurusan PWI Kabupaten Sumedang masa bakti 2023-2026 di Gedung Negara, Rabu (29/11/2023).

Menurut Pj. Bupati Herman, wartawan yang tergabung dalam PWI merupakan salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Sumedang. “Karena saat ini membangun harus dengan pendekatan inovasi dan kolaborasi. Tanpa inovasi dan kolaborasi akan sulit untuk bersaing. Jangankan di nasional dan regional, bahkan lokal pun akan sulit untuk membangun. Namun jika berinovasi dan kolaborasi, saya yakin Sumedang pasti bisa,” kata Pj. Bupati Herman.

Untuk kolaborasi, ada konsep pentahelix. multipihak dimana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi. “Media ini memiliki peran yang sangat signifikan. Peran yang baik dari pemerintah jika tidak dikomunikasikan dengan baik akan menjadi biasa-biasa saja tapi sebaliknya program yang biasa-biasa saja jika dikemas dengan komunikasi yang baik pasti dipersepsikan baik,” ujarnya.

Pj. Bupati Herman mengungkapkan, Kabupaten Sumedang mempunyai subtansi dan program yang baik, hasil kinerja dari ASN, para jurnalis, DPRD, Forkopimda, dan warga masyarakat. “Kemudian itu dikemas dengan komunikasi dan publikasi yang hebat, Insyaallah Sumedang akan juara, bukan hanya juara di provinsi dan nasional, namun yang jauh lebih penting adalah juara di hati rakyat,” tuturnya.

Herman berharap PWI Sumedang sebagai komunitas organisasi profesi wartawan, bisa bahu membahu dengan pemerintah untuk membangun Sumedang. “Mengabarkan kebaikan yang ada di Sumedang agar masyarakat tahu kemudian berpartisipasi. Agar dunia usaha tahu kemudian berinvestasi. Agar pemerintah pusat tahu agar kita dibimbing dengan baik. Untuk itu saya berharap PWI berkolaborasi dengan kami, pemerintahan di era government 5.0 harus memposisikan diri sebagai kolabolator,” katanya. [*]

Check Also

Pemkab Kuningan Mengapresiasi Disdik Jabar Atas Perhatianya Pada SLB di Kuningan

MATAKOTA || KUNINGAN  — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan mengapresiasi Dinas Pendidi…