Home Pemerintahan Petugas Pemadam Tak Hanya Memadamkan Api Tetapi Harus Memiliki Keterampilan Yang Lainya
Pemerintahan - 2024-04-27

Petugas Pemadam Tak Hanya Memadamkan Api Tetapi Harus Memiliki Keterampilan Yang Lainya

MATAKOTA || Bandung —  Seorang petugas pemadam kebakaran ternyata tak hanya Harus memadamkan atau meminimalisir titik api saat terjadi musibah kebakaran saja, akan tetapi mereka juga  harus memiliki keterampilan khusus memberikan pertolongan ketika terjadi musibah baik  banjir atau longsor.

Bahkan ada hal yang menarik, menjadi seorang petugas damkar harus “palu gada”, artinya pertolongan apapun yang dibutuhkan masyarakat, petugas damkar selalu ada.

“Kami selalu siaga untuk memberikan pertolongan atau bantuan ketika masyarakat membutuhkan. Memadamkan api itu tugas utama kami, namun memberikan kenyamanan bagi masyarakat itu tujuan kami,” ungkap Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana via pesan WhatsApp, Sabtu (27/4/2024).

Dijelaskan Gun Gun, selain memadamkan api, pihaknya juga menyiapkan petugas yang diberikan keterampilan khusus guna menjinakan binatang liar yang membahayakan masyarakat.

“Ada tim khusus untuk penyelamatan manusia dan hewan. Artinya ketika keberadaan hewan itu membahayakan dirinya maupun manusia ya kita amankan. Sekarang kan tak jarang ada ular masuk rumah, atau anjing dan kucing liar berpenyakit berkeliaran,” paparnya.

“Jadi intinya, kami akan selalu ada ketika masyarakat membutuhkan pertolongan,”pungkasnya. *

Check Also

bank bjb Raih Penghargaan di Bisnis Indonesia Award 2024

BANDUNG, matakota.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank …