Home Pemerintahan Pemkot Bandung Masifkan Penertiban Kabel Demi Keselamatan Warga
Pemerintahan - 2023-02-21

Pemkot Bandung Masifkan Penertiban Kabel Demi Keselamatan Warga

MATAKOTA || Bandung — Menjaga estetika dan antisipasi terjadi kecelakaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menertibkan serta merapihkan kabel melintang di sejumlah kawasan di Kota Bandung.

Kali ini Pemkot Bandung menertiban kabel di Jalan merdeka Kota Bandung, Selasa 21 Februari 2023. Penertiban ini ditinjau langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

“Target keseluruhan di 13 ruas jalan. Menyelesaikannya memang tidak mudah, tapi kita terus berprogres. Kita sudah selesaikan di trase Jalan Ir H.Juanda dan Dago-Riau,” kata Ema.

Menurutnya, Pemkot Bandung akan menurunkan kabel di Jalan Riau hingga perempatan Jalan Ahmad Yani pada tahun 2023 ini. Untuk mewujudkan rencana itu, Ema memohon dukungan dari berbagi pihak.

“Kita dorong semua pemilik kabel ini bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk menghadirkan Kota Bandung yang lebih baik,” katanya.

Senada dengan Ema, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad mengatakan, penertiban kabel melintang dan penurunan kabel menjadi salah satu upaya pemerintah menata kota dan menjaga keselamatan warga.

Yayan mengakui, kebutuhan infrastruktur kabel semakin tinggi seiring dengan peningkatan penggunaan internet. Namun hal itu juga harus diiringi dengan menjaga estetika dan keselamatan publik.

“Kami mengajak semua operator dan pemilik bisnis internet dan pemilik kabel untuk sama sama tertib. Kabel yang melintang ditertibkan. Kabel yang tidak terpakai dipotong dan digulung agar tidak mengganggu,” pinta Yayan.

Yayan menjelaskan penertiban kabel sementara ini digelar 2 pekan dan ke depan akan lebih intens. Untuk itu, ia meminta Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) dan pemilik kabel untuk bisa bersinergi dengan pemerintah terkait masalah ini.

“Kami harap pemilik usaha bisa menyisakan keuntunganan untuk kebersihan dan penertiban kabel ini. Mudah-mudahan bisa tambah maju dan berkah,” tuturnya. ***

 

Check Also

KomisiII DPRDJawa Barat Dorong Optimalisasi Koperasi di Jabar

MATAKOTA || Kab. Bandung — Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi …