Home Pemerintahan Pemerintah Kota Bandung Menggelar Kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan”Perempuan Berdaya, Tingkatkan Kualitas Keluarga”
Pemerintahan - 2023-05-06

Pemerintah Kota Bandung Menggelar Kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan”Perempuan Berdaya, Tingkatkan Kualitas Keluarga”

MATAKOTA || Bandung — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar sejumlah acara peringatan Hari Kartini pada April lalu. Serangkaian kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan peran perempuan dalam setiap aspek kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Salah satunya menggelar sosialisasi pencegahan kekerasan kepada perempuan dan anak di Aula Disarpus pada 6 April 2023 lalu.

“Penyelenggaraan kegiatan peringatan hari Kartini tahun 2023 mengusung tema ‘Perempuan Berdaya, Tingkatkan Kualitas Keluarga’,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung, Uum Sumiati.

Uum mengatakan, hal penting dalam peringatan hari Kartini yaitu emansipasi wanita memiliki kontribusi dalam keadilan gender.

“Dalam perkembangannya, emansipasi wanita memiliki kontribusi penting untuk perwujudan keadilan gender. Laki-laki dan perempuan harus mendapat akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam pembangunan,” katanya.

“Kegiatan ini pun diharapkan meningkatkan peran serta organisasi perempuan dalam peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan di Kota Bandung,” imbuh.

Uum mengingatkan, perjuangan Kartini telah memberi hak-hak yang sama bagi perempuan Indonesia.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Tono Rusdiantono menyampaikan, perempuan dapat meneladani semangat Kartini dalam kreativitas, keuletan dan kepeduliannya.

“Peran perempuan Kota Bandung akan menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan di Kota Bandung, untuk itu di harapkan semua stakeholder dapat bersama saling mendukung peran perempuan diberbagai sektor pembangunan,” ungkapnya.

Berikut ini sejumlah kegiatan peringatan Hari Kartini yang digelar Pemkot Bandung:

  1. Tanggal 5 – 17 April dilaksanakan webinar keluarga sebanyak 5 kali melalui Zoom Meeting oleh Puspaga Kota Bandung.
  2. Tanggal 6 April dilaksanakan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Kepada Perempuan dan Anak bertempat di Aula Disarpus.
  3. Tanggal 15 April 2023 dilaksanakan Racik (Ramadhan Ceria Anak) bertempat di Taman Descade Kelurahan Taman Sari Kecamatan Bandung Wetan oleh Fokab ( Forum Anak Kota Bandung).
  4. Tanggal 17 April 2023 dilaksanakan penyerahan bingkisan ke Pesantren Nurul Huda oleh DP3A Kota Bandung berkolaborasi dengan Perumda Bank Bandung, KPKB Kota Bandung, Masyarakat Thionghoa Peduli.
  5. Tanggal 4 Mei 2023 dilaksanakan pembinaan organisasi perempuan di Pendopo Kota Bandung oleh DP3A Kota Bandung. ***

Check Also

Starzgrey Luncurkan Single Ke 3 Berjudul “Hope”

MATAKOTA||BANDUNG – Minggu 7 juli 2024 Syifa Maula Asfaraina atau dengan nama panggu…