IMG 20220209 WA0035
Home All News Ketua KPK Nilai Pers Punya Peran Penting Dalam Pemberantasan Korupsi
All News - Nasional - 2022-02-09

Ketua KPK Nilai Pers Punya Peran Penting Dalam Pemberantasan Korupsi

MATAKOTA, Bandung – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, mengucapkan selamat untuk para pewarta di Indonesia dalam momen Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu 9 Februari 2022. Firli bilang,  pers mempunyai peran nyata dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kami di KPK melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa tanah air,” ucapnya.

“Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan headline atau top isu dalam rating media massa,” imbuh Firli, melalui keterangan tertulis, Rabu, 9 Februari 2022.

Firli mengatakan, pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang sangat dibutuhkan Indonesia. Pers bisa membantu pemerintah menghadapi sampai menyelesaikan permasalahan bangsa yang beragam.

“Salah satunya perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat akar di NKRI,” ujarnya.

Firli pun berujar, wartawan kerap membantu mencari informasi kasus korupsi yang dibutuhkan KPK dengan pendalaman pemberitaan yang dilakukan. Ia meyakini, berita mendalam tersebut sebagai upaya pencegahan dan penindakan korupsi yang dilakukan secara tepat, cepat, terukur, dan efisien.

“Tidak berlebihan jika kami katakan insan pers memiliki andil teramat penting dalam segenap daya dan upaya KPK bersama segenap elemen negara, untuk membentuk peradaban dan budaya antikorupsi di Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, ungkap Firli, KPK menganggap pewarta sebagai saudara seperjuangan dalam memberantas korupsi di Indonesia. KPK dan wartawan mempunyai jalan berbeda, namun satu arah dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Firli pun berharap wartawan di Indonesia terus konsisten membantu KPK memberantas korupsi bersama.

“Kami yakin, demokrasi bisa terbuka, transparan, serta bebas dari korupsi jika terus dipantau oleh wartawan,” tuturnya.

“Di sinilah salah satu peran besar pers, yakni ikut memonitor dan menjaga transparansi, akuntabilitas, keterbukaan, dan sistem tata kelola pemerintahan agar selalu baik, untuk menutup peluang atau celah terjadinya korupsi,” imbuh Firli.******

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Sempat Terpuruk, Toko Oleh-Oleh Haji dan Umrah Kembali Menggeliat

MATAKOTA, Bandung – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia yang sempat ditutup sampai …