Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan
Home All News Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Bekasi Refocusing Anggaran Penambahan Nakes
All News - Regional - 2021-08-15

Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Bekasi Refocusing Anggaran Penambahan Nakes

MATAKOTA, Bekasi – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Jl. Raya Setu, Desa Cibuntu Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan vaksinasi bertema Serbuan Vaksin Menuju Indonesia Sehat itu diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan bersama TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi selama dua hari, 13-14 Agustus 2021, dengan sasaran 5.000 peserta dari empat kecamatan.

Dani mengatakan, selain sebagai daerah penyangga ibukota, banyaknya kawasan industri di Kabupaten Bekasi membuat mobilitas karyawan dan masyarakat sangat tinggi sehingga potensi munculnya klaster COVID-19 juga sangat tinggi.

“Maka satu-satunya cara adalah dengan vaksinasi, agar aktivitas industri bisa tetap berjalan dan tidak mengganggu ekonomi nasional,” ucapnya.

Dani mengatakan, Pemkab Bekasi telah melakukan refocusing anggaran untuk menambah tenaga kesehatan (nakes) dalam rangka mempercepat target vaksinasi .

“Kami sudah dapatkan 2.000 relawan yang siap melakukan vaksinasi untuk 20 ribu sampai 40 ribu orang per hari. Sekarang tinggal menunggu kuota vaksinnya,” kata Dani.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada Menteri Perhubungan, TNI dan Polri yang sudah membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, STTD dapat digunakan sebagai tempat sentra vaksinasi dan pihaknya akan menyediakan petugas untuk membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Bekasi.

Diketahui, Pemkab Bekasi juga terus menggenjot percepatan vaksinasi dengan menyasar kepada para pelajar usia 12 tahun yang telah dimulai pada awal Agustus lalu.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi dr Alamsyah mengatakan, vaksinasi pelajar di Kabupaten Bekasi dapat menyumbang 23 persen dari target herd immunity atau kekebalan kelompok yang akan dicapai Kabupaten Bekasi.

“Hari ini sebanyak 1.000 dosis vaksin akan diimunisasikan kepada para pelajar. Sejalan dengan target percepatan vaksinasi dimana tahapannya kini terus berjalan,” kata dia, saat memonitoring kegiatan vaksinasi pelajar di SMK Mitra Industri, Kecamatan Cikarang Barat, Sabtu (14/8/2021).

Alamsyah menjelaskan, percepatan vaksinasi terhadap pelajar diharapkan dapat terealisasi hingga akhir Agustus dengan sasaran target sebanyak 356.000 siswa.

“Harapannya jika tenaga guru telah tervaksin dan sekarang pelajar juga divaksinasi. Tanpa mendahului pemerintah pusat, maka pembelajaran tatap muka dapat dipertimbangkan,” tuturnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…