Home All News DPRD Kota Bandung Dorong Pencak Silat Berjaya di Industri Olahraga
All News - Olahraga - 2022-05-19

DPRD Kota Bandung Dorong Pencak Silat Berjaya di Industri Olahraga

MATAKOTA, Bandung – Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya mengatakan bahwa pencak silat merupakan salah satu warisan bangsa yang harus dilestarikan.

Hal itu dikatakan Edwin saat menghadiri acara pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bandung Masa Bakti 2021-2025 yang bertempat di Bumi Sangkuriang, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, masyarakat harus bangga terhadap pencak silat karena merupakan salah satu warisan bangsa yang harus dilestarikan. Edwin pun ingin agar pencak silat dapat menjadi industri olahraga yang dapat membawa pemasukan dan kebanggaan bagi negara.

“Harapannya, pencak silat dapat ikut serta dalam olimpiade seperti cabang olahraga lainnya,” ujarnya.

“Saya berharap pencak silat ini dapat kita wujudkan benar-benar sebagai sebuah industri karna di negara tertentu warisan budaya menjadi sport industry dan pada akhirnya cabang olahraga ini (pencak silat) menjadi sumber pemasukan untuk negaranya,” imbuh Edwin.

Sementara itu, Ketua Umum IPSI Cece Muharam, memberikan apresiasi terhadap pencapaian atlet-atlet pencak silat yang berhasil membawa satu-satunya medali emas untuk Indonesia yang diraih oleh ganda putri pencak silat.

“Untuk di level Porda maupun di level PON alangkah indahnya kalau kita melaksanakan dengan peraturan lalu yang nilai-nilai pencak silatnya masih kental,” ucap Cece.

Ketua umum KONI Kota Bandung, Nuryadi, berharap agar ke depannya target jangka panjang terhadap olahraga pencak silat dapat segera dibangun.

“Target jangka panjang itu harus dibangun melalui silat. Bagaimana caranya agar silat Kota Bandung bisa tampil di olimpiade,” ucapnya.

Sedangkan Ketua Pengprov IPSI Jawa Barat, Phinera Wijaya, berharap agar IPSI Kota Bandung secara berkesinambungan dapat menggali potensi-potensi yang ada khususnya dalam olahraga pencak silat sehingga dapat menghasilkan sebuah prestasi.

“Mudah-mudahan IPSI Kota Bandung dapat terus menerus menggali potensi dan menghasilkan prestasi,” ujarnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

9 Kali Beruntun! Kota Bandung Sabet Juara Umum MTQ Jabar

MATAKOTA, Bandung – Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahu…