Jembatan Dayeuhkolot
Home All News DPRD Jabar Minta DBMPR Segera Perbaiki Jembatan Dayeuhkolot
All News - Parlemen - 2021-09-16

DPRD Jabar Minta DBMPR Segera Perbaiki Jembatan Dayeuhkolot

MATAKOTA, Bandung – Kondisi Jembatan Dayeuhkolot di Kabupaten Bandung mengalami keretakan di salah satu lajur. Padahal jembatan tersebut merupakan akses penghubung Kecamatan Dayeuhkolot dengan Baleendah dan salah satu akses jalan dari Kabupaten Bandung menuju Kota Bandung.

Terkait hal itu, anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady meminta Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar segera menanggulangi kedaruratan tersebut. Mengingat, umur Jembatan Dayeuhkolot memang sudah relatif tua.

“Ini kondisinya darurat, itu jalur yang krusial. Kalau tidak segera ditanggulangi, muternya terlalu jauh,” ucap Daddy, belum lama ini.

Ia menilai, penanggulangan secara cepat dari dinas terkait menjadi hal utama bagi masyarakat yang akan menuju Kota Bandung dari Kabupaten Bandung. Pasalnya, Jalan Dayeuhkolot merupakan jalan provinsi, otomatis jembatannya pun milik provinsi.

“Kami minta agar kawan-kawan DBMPR Jabar cepat mencari solusi. Kalau toh ada kewenangan Pemerintah Pusat, harus cepat dikoordinasikan. Itu jalur padat sekali, pasti macet ketika satu jalur ditutup,” ujar Daddy.

Dia menegaskan, DBMPR semestinya bisa segera melakukan perbaikan karena dalam APBD terdapat pos Biaya Tak Terduga (BTT) yang fungsinya untuk menanggulangi hal seperti itu. Pasalnya, keretakan Jembatan Dayeuhkolot termasuk dalam kategori musibah.

“Itu bagian dari musibah, tinggal dilihat berapa urgensinya, dana mana yang bisa dipakai. Dana BTT kah atau dana pemeliharaan atau dana mana yang bisa kita bisa digeser-geser untuk perbaikan jembatan tersebut,” ucapnya.

Dia mengatakan, apabila penanggulangan jembatan tersebut memerlukan biaya yang besar, memang harus dibicarakan pergeserannya dengan Sekda dan DPRD Jabar. Sehingga, tidak ada alasan bagi DBMPR untuk tidak memperbaikinya.

“Sepanjang well infome, ngga ada masalah. Kalau toh darurat, bisa memakai dana APBD perubahan, kan mestinya bisa dilakukan,” tutup Daddy. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BPBD Jabar Minta Kabupaten Kota Sosialisasikan SELAMAT

MATAKOTA, Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengiri…