Rutilahu Jabar
Home All News DPRD Jabar Dorong Kenaikan Harga Satuan Pembangunan Rutilahu
All News - Parlemen - 2021-10-20

DPRD Jabar Dorong Kenaikan Harga Satuan Pembangunan Rutilahu

MATAKOTA, Bandung – Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) berkeinginan meningkatkan harga satuan pembangunan Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di wilayah Jabar seperti di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari Rp 17,5 juta menjadi Rp 25 juta per satu unit rumah.

“Komisi IV mempunyai keinginan meningkatkan harga satuannya (rutilahu) menjadi Rp 25 juta, termasuk di wilayah KBB agar masyarakat mendapatkan rumah yang lebih layak,” ucap Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady, Selasa 19 Oktober 2021.

Daddy menyebutkan, program Rutilahu di KBB ditingkatkan jumlah dan anggarannya, mengingat banyaknya masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan rumah tinggal yang layak.

Dipaparkan dia, pada tahun 2021 ini ada penambahan 31.500 unit rumah yang satuannya menghabiskan anggaran Rp17,5 juta dan jumlah tersebut naik 11.500 unit rumah dari sebelumnya.

“Jadi sebenarnya pada tahun 2021 program ini ada tambahan. Di mana regulernya itu 20.000 rumah, tetapi ada kekurangan sekitar 11.500. Jadi tahun ini bertambah sekitar 31.500 dengan biaya satuan per unitnya itu masih diangka Rp17,5 juta,” ungkap Daddy.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi dari Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat pada saat ini bahwa pagu indikatif yang diterima hanya 9.400 unit dengan harga satuannya sekitar Rp 20 juta.

Keputusan ini, kata Daddy, masih belum final karena masih ada pembahasan di KUA-PPAS dan APBD Tahun 2022.

“Memang betul keputusan ini masih belum final, masih ada proses-proses yang perlu dilalui. Namun pada intinya kami meminta adanya kenaikan harga satuannya dan juga jumlahnya minimal 20.000,” ujar Daddy. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bekuk Wakil Thailand, Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

MATAKOTA, Bali – Ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhas…