Home Pemerintahan Bapenda Kota Bandung Luncurkan Teman PBB Permudah Layanan Pajak,
Pemerintahan - 2023-03-18

Bapenda Kota Bandung Luncurkan Teman PBB Permudah Layanan Pajak,

MATAKOTA || Bandung — Untuk lebih mempermudah para wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dalam pengajuan pelayanan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung meluncurkan aplikasi mobile Sistem Pelayanan PBB Kota Bandung atau Teman PBB.

Aplikasi Teman PBB ini secara resmi diluncurkan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Transformasi Pelayanan PBB Kota Bandung Tahun 2023 di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat 17 Maret 2023 malam.

Teman PBB dibangun bekerja sama dengan Bank BJB. Output dari aplikasi Teman PBB ini yakni berupa e-SPPT atau elektronik SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) yang dapat langsung diunduh di Play Store.

Selain itu, masyarakat juga dapat langsung membayar PBB melalui aplikasi.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, dengan aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kewajibannya membayar PBB.

Hal ini memang harus dilakukan untuk menyesuaikan layanan pemerintah dengan perkembangan masyarakat yang serba digital.

“Dengan hadirnya aplikasi ini dapat meminimalisasi interaksi antara pemberi pelayanan dengan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Hal ini memudahkan masyarakat,” kata Yana

Yana menyebut, Pemkot Bandung terus mendorong supaya masyarakat bisa merasakan layanan yang mudah, murah, dan cepat dengan beragam inovasi.

Ia berharap hadirnya Teman PBB ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar PBB sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Mudah-mudahan ini juga ikhtiar kita semua untuk terus meningkatkan PAD Kota Bandung dan terus kita juga memberikan pelayanan sebaik-baiknya yang kepada masyarakat mudah murah dan cepat,” ujarnya.

“Kita terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat sehingga tadi dampaknya tentunya sangat signifikan terhadap perolehan PAD Kota Bandung dari sektor PBB,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain aplikasi mobile pajak berbasis Android ini merupakan yang pertama di Kota Bandung.

Ia berharap, hadirnya aplikasi ini lebih mempermudah para wajib pajak PBB dalam pengajuan pelayanan dan output berupa e-sppt atau elektronik SPPT.

Berbagai fitur yang tertanam dalam aplikasi Teman PBB di antaranya:

  1. SPPT Digital atau Elektronik SPPT
  2. Pembayaran PBB
  3. Pelayanan PBB
  4. Layanan Konsultasi
  5. Info Pelayanan

“Silahkan masyarakat sudah dapat dapat langsung mengunduh melalui gawai pribadi masing-masing dan menikmati layanannya,” katanya. ***

Check Also

Guna Tingkatkan Transaksi, bank bjb Luncurkan Program “Agen bjb BiSA! JUARA”

BANDUNG, matakota.com – bank bjb kembali memperkenalkan program promosi terbarunya bertaju…