Home All News Anda Wajib Tahu Ini Sebelum Beli Mesin Cuci Baru!
All News - Kronik - 2 weeks ago

Anda Wajib Tahu Ini Sebelum Beli Mesin Cuci Baru!

SALAH satu benda yang membantu hidup Anda menjadi lebih mudah adalah mesin cuci. Benda ini cocok menjadi hadiah ulang tahun bagi pasangan pengantin baru ataupun mereka yang baru saja memiliki bayi. Namun jangan salah, pemuda-pemudi yang tinggal jauh dari orangtua pun membutuhkannya. Bagaimanapun, mencuci baju dengan mesin lebih mudah dibanding dengan tangan.

Tahukah Anda bahwa saat ini ada banyak sekali pilihan mesin cuci yang tersedia di pasaran? Brand-brand terkenal dan terpercaya berlomba-lomba mengeluarkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumennya. Brand yang sangat familiar di mata dan hati masyarakat seperti mesin cuci LG, mesin cuci Samsung, mesin cuci Electrolux, dan lain-lain.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengenal seluk-beluk per mesin-cucian terlebih dahulu. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan mesin cuci dua tabung, mesin cuci bukaan atas, mesin cuci bukaan depan, dan juga mesin cuci mini yang sedang booming.

Jenis-Jenis Mesin Cuci

1. Mesin Cuci Dua Tabung

Mesin cuci dua tabung alias twin tub adalah mesin cuci yang memiliki dua tabung terpisah. Satu tabung berfungsi sebagai pencuci sedangkan tabung yang satunya untuk memeras dan mengeringkan pakaian.

Mesin cuci jenis ini memang membutuhkan tenaga dan effort yang lebih karena untuk memindahkan pakaian basah ke pengering harus dilakukan secara manual. Selain itu, bila Anda tidak cukup terampil dalam menyusun pakaian basah ke tabung pengering, mesin pengering bisa berjalan tidak optimal.

Meski memang terasa lebih merepotkan, mesin cuci dua tabung juga memiliki kelebihan seperti harganya yang terjangkau, kebutuhan listrik yang lebih efisien, pengoperasiannya mudah, dan keawetannya pun tak perlu diragukan.

2. Mesin Cuci Bukaan Atas

Mesin cuci jenis ini biasa disebut mesin cuci Top Front. Mesin ini hanya memiliki satu tabung yang berfungsi ganda, sebagai pencuci sekaligus pengering. Dari segi desain, mesin cuci bukaan atas memang terlihat lebih ramping dibanding mesin cuci lain.

Beberapa kelebihan mesin cuci bukaan atas salah satunya adalah kapasitas yang lebih besar. Mesin cuci bukaan atas bisa menampung hingga Sembilan kilogram pakaian. Selain itu, Anda juga tidak perlu berjongkok ketika hendak memasukkan pakaian-pakaian yang dicuci. Apakah Anda tipe pelupa?

Jika Anda pernah khilaf memasukkan baju kotor yang tertinggal, Anda bisa menambahkannya dengan mudah. Cukup dengan membuka bukaan atas dimana secara otomatis mesin langsung berada di dalam mode pause (berhenti).

Lalu, apa saja kekurangan dari mesin cuci bukaan atas? Pertama adalah bunyi yang dihasilkan lebih berisik, terutama saat mencuci. Kedua, penggunaan air yang dibutuhkan lebih banyak. Ketiga, serat kain yang dicuci di mesin bukaan atas lebih rentan rusak. Keempat adalah masalah keawetan.

Tidak bisa dipungkiri, mesin cuci bukaan atas entah kenapa lebih mudah rusak apabila penggunaannya tidak sesuai. Suku cadang serta servisnya pun lebih rumit. Kelima adalah masalah kebutuhan listrik yang relatif lebih tinggi dibanding mesin cuci dua tabung.

3. Mesin Cuci Bukaan Depan

Ada berbagai macam faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumen ketika hendak memilih untuk membeli mesin cuci bukaan depan. Pertama kali sekali tentu saja masalah harga dimana mesin cuci bukaan depan memang memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding jenis mesin cuci lainnya.

Meski memang bervariasi, untuk produk keluaran brand yang lebih bagus dan fungsi yang beragam, Anda perlu merogoh kocek hingga sepuluh jutaan bahkan lebih. Selain masalah harga, Anda juga butuh berjongkok ketika hendak memasukan tumpukan pakaian kotor satu per satu ke dalam tabung.

Kebutuhan listrik agar mesin cuci tabung bukaan depan mampu bekerja dengan maksimal juga cukup besar bila dibandingkan mesin lain. Selain itu, Anda betul-betul tidak boleh kelupaan memasukkan pakaian kotor ke dalam tabung sebelum proses mencuci dimulai.

Perlu diingat, mesin cuci tabung depan tidak bisa dibuka seenaknya. Selain berbahaya karena air bisa tumpah, mesin juga bisa rusak. Jadi, bila memang ada yang tertinggal, Anda bisa melakukan proses mencuci dengan tangan lalu mengeringkan atau ditumpuk ke ronde pencucian berikutnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal ataupun kebutuhan listrik yang besar karena kelebihan dari mesin cuci bukaan depan pun sangat banyak. Pertama, dilihat dari segi kapasitas, mesin cuci ini sanggup menampung jumlah pakaian yang cukup besar bahkan ada yang sampai belasan kilo (biasa dipakai di tempat laundry express).

Kelebihan kedua adalah minim bunyi. Mesin cuci jenis ini sangat minim mengeluarkan bunyi baik itu ketika mengeringkan ataupun mencuci. Biarpun bunyinya ada, tapi biasanya ringan saja yang tidak sampai mengganggu atau membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman.

Kelebihan berikutnya adalah kebutuhan akan air yang tidak terlalu banyak. Kelebihan keempat yang perlu Anda catat adalah waktu yang dibutuhkan mesin untuk bekerja relatif lebih singkat. Saat ini bahkan ada mesin yang mampu mencuci dan mengeringkan pakaian hanya dalam waktu lima belas menit saja. Sangat efisien.

Di Mana Tempat Terbaik untuk Membeli Mesin Cuci?

Di jaman serba mudah ini, Anda tidak perlu pergi keluar rumah untuk membeli mesin cuci. Anda cukup melihat review penggunaan dan membaca spesifikasi mesin cuci yang Anda butuhkan dan membelinya di Blibli, marketplace terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Dukung UMKM Naik Kelas, Ketua Dekranasda Sumedang Apresiasi CCEP Indonesia

MATAKOTA | Sumedang, — Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia selalu berupa…