Ilustrasi sholat
Home Kronik 5 Bacaan Doa Penenang Hati, Amalkan Saat Batin Galau dan Gundah
Kronik - 2021-04-04

5 Bacaan Doa Penenang Hati, Amalkan Saat Batin Galau dan Gundah

MATAKOTA – Hati dikuasai perasaan galau, gundah, dan gelisah? Itu merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia. Konsumsi kafein atau kejadian mengejutkan bisa mengaktifkan hormon adrenalin di dalam tubuh. Akibatnya Anda merasa gelisah.

Kadar serotonin, progesteron, dopamin, dan oksitosin juga bisa mempengaruhi emosi manusia. Hormon-hormon ini bisa menjadi biang keladi rasa galau di hati. Lalu bagaimana cara menanganinya?

Berdoa merupakan cara mengatasi kegalauan hati. Doa penenang hati salah satunya berbunyi; Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla.

Artinya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya”.

Sholat
Ilustrasi membaca Al Qur’an (foto: twitter)

Hati merupakan bagian terpenting dalam manusia. Dalam bahasa arab, hati disebut sebagai qolbu. Ditinjau dari segi bahasa, qolbu mempunyai dua makna, yaitu sesuatu yang memiliki kemuliaan atau sesuatu yang bolak-balik.

Hati sebagai kemuliaan dijelaskan oleh Allah SWT dalam perintah Nya kepada orang mukmin untuk memiliki hati yang suci, bersih. Allah SWT berfirman:

إِذْ جَاءَ رَبَّهُ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

Artinya : “(Ingatlah) ketika dia (Ibrahim) datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci.” (QS. ash-Shaffat: 84)

Demikian pula penjelasan mengenai hati yang bolak balik dijelaskan pada sebuah hadits:

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

Hati dalam manusia memegang kendali penting atas kebahagiaan hidup. Jika kondisi hati baik maka seluruh tubuh akan baik pula, demikian sebaliknya jika hati rusak, maka seluruh tubuh akan rusak. Rasulullah SAW bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ. رواه البخاري ومسلم.

Artinya : “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging tersebut buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa Penenang Hati

Doa merupakan sebuah bacaan yang diucapkan dalam bentuk permohonan, ucapan kebaikan, harapan oleh makhluk kepada Tuhan nya. Doa penenang hati yaitu ucapan doa memohon kepada Allah SWT dengan segala bentuk kerendahan hati sebagai seorang makhluk untuk mendapatkan sebuah kebaikan dan kemaslahatan melalui ketenangan hati.

Berikut beberapa doa agar hati selalu tenang yang dapat diamalkan:

Doa penenang hati (1)

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wa huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali

Artinya: ” Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)“.

Sholat
Doa meminta dilapangkan dada karena segala kesusahan agar senantiasa sabar dan pasrah pada takdir Allah. (Foto: Twitter)

Doa penenang hati (2)

Rabbanaa afrigh’ alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya : ” Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir”. (Q.S. al Baqarah: 250)

Doa Penenang Hati (3)

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan-Sahih Bukhari

Doa Penenang Hati (4)

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths

Artinya : “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.” – Hadis Riwayat Tirmidzi

Doa Penenang Hati (5)

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla

Artinya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” – Sahih Ibnu Hibban.****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dedi Supandi Jabat Sekretaris Dewan Pembina AMS 2021-2026, Noery: Semoga Pendidikan di Jabar Semakin Baik

MATAKOTA, Bandung – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi, resm…