Home Berita 10 RW Terbaik di Kota Bandung Bersaing Menghadirkan Inovasi Pembayaran PBB
Berita - 2022-09-13

10 RW Terbaik di Kota Bandung Bersaing Menghadirkan Inovasi Pembayaran PBB

MATAKOTA, Bandung — Sebanyak 10 RW Terbaik di Kota Bandung bersaing menghadirkan inovasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui Lomba RW Berkreasi (Bersama tingkatkan kesadaran warga dan pentingnya PBB dengan inovasi).

Lomba RW Berkreasi telah memasuki tahap 2 seleksi. Sebanyak 10 RW mempresentasikan programnya di hadapan para juri di Hotel Grand Preanger Bandung, 13-14 September 2022.

Proses penjurian ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia mengatakan, Pemkot Bandung terus mengajak warga berpartisipasi dalam membangun kota. Salah satunya melalui, inovasi pembayaran PBB “Lewat lomba ini supaya partisipasi warga dalam membayar PBB lewat QRIS bisa berjalan baik. Intinya bagaimana masyarakat diikutsertakan dalam program-program pemerintah,” kata Yana, Selasa (13/09/2022).

Yana mengungkapkan, dengan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, Pemkot Bandung terus berupaya memulihankan ekonomi. Salah satunya melalui pembayaran pajak. “Mudah-mudahan dengan proses vaksin yang sudah baik ini, pandemi semakin terkendali sehingga kita bisa melakukan aktivitas mendekati normal. Kita bisa melakukan proses pemulihan ekonomi salah satunya lewat pembayaran pajak. Bagaimanapun pajak ikut membiayai pembangunan kota,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah melakukan banyak inovasi untuk mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat. “Pandemi mengajarkan kita untuk melahirkan berbagai aplikasi. Salah satunya pembayaran PBB melalui QRIS,” kata dia.

Ia berharap, partisipasi masyarakat terus terjalin dalam upaya membangun Kota Bandung. “Kami terus mendorong partisipasi warga, Pemkot tidak bisa membangun kotanya sendiri. Berkreasi dan berinovasi membangun kota Bandung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain menjelaskan, Lomba RW Berkreasi merupakan jawaban atas aspirasi dari akar rumput yang mengharapkan adanya aktivitasi sekaligus apresiasi terhadap RT RW dalam pelayanan PBB.

“RW Berkreasi memberikan ruang berinovasi dalam menyosialisasikan program pemerintah sehingga tidak menempatkan warga sebagai objek pelayanan,” ujarnya.

Ia mengatakan, terdapat 108 RW perwakilan dari seluruh kelurahan di Kota Bandung yang mendaftar dalam lomba RW Berkreasi. Lobma ini terdiri dari dua cabang.

Pertama, kategori dukungan warga, yang telah selesai dengan pemenang adalah RW 12 kelurahan Babakan kecamatan Babakan Ciparay. Kedua, Kategori RW inovatif.

Berikut ini 10 finalis RW terbaik:

  1. RW 12 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay
  2. RW 3 Kelurahan Karasak Kecamatan Astanaanyar
  3. RW 1 Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo
  4. RW 2 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong
  5. RW 1 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo
  6. RW 2 Kelurahan Gempol Sari Kecamatan Bandung Kulon
  7. RW 3 Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo
  8. RW 16 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati
  9. RW 6 Kelurahan Ancol Kecamatan Andir
  10. RW 2 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong

Rencananya, penyerahan hadiah diberikan pada hari peringatan Hari Jadi Kota Bandung, 25 September 2022 mendatang. *red

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

bank bjb Raih Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

MATAKOTA | Bandung — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)…