Tips Aman Belajar Mengemudi untuk Pemula
Home All News Tips Aman Belajar Mengemudi untuk Pemula
All News - Kronik - 2022-03-14

Tips Aman Belajar Mengemudi untuk Pemula

MENGEMUDI mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini berhubungan erat dengan keselamatan diri sendiri dan orang lain yang berkendara di dekat Anda. Oleh sebab itu pastikan Anda benar-benar terampil sebelum turun mengemudi ke jalanan. Kali ini akan dibahas beberapa tips belajar mengemudi mobil yang bisa dipraktikkan agar Anda jadi lebih terampil.

Sebelum Belajar Naik Mobil, Simak 6 Cara Sederhana Ini

Belajar naik mobil tentu saja juga tak boleh asal-asalan. Anda harus benar-benar fokus dan menguasai mobil dengan baik. Hal ini akan membantu Anda untuk menguasai kendaraan tersebut secara optimal sehingga bisa berkendara dengan lancar. Berikut adalah 6 cara sederhana yang bisa dilakukan saat belajar naik mobil:

1. Pelajari Teorinya Dulu

Langkah pertama, pelajari dulu teori berkendara secara menyeluruh. Tak perlu langsung praktik, kuasai dulu teori mengemudi itu seperti apa. Dengan mempelajari teorinya maka akan jauh lebih mudah untuk mempraktikkannya nanti. Biasanya saat Anda ikut kursus mengemudi, ada buku panduan khusus yang membahas tentang teori mengemudi.

Jika Anda belajar mobil tanpa kursus, maka Anda bisa mencari informasi mengenai teori mengemudi ini di internet. Misalnya dengan menonton video YouTube atau membaca ilmu mengemudi dari sumber lainnya. Meskipun saat praktik mungkin akan berbeda, setidaknya Anda sudah punya gambaran mengenai proses mengemudi ini.

2. Kenali Bagian-Bagian Mobil

Selanjutnya silakan kenali dulu bagian-bagian mobil. Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan karena membuat Anda lebih menguasai mobil tersebut. Pengemudi harus bisa menguasai mobil dan menggunakan semua bagian-bagian mobil secara optimal. Apalagi bagi mereka yang masih benar-benar awam soal mobil dan mengemudi, tentunya hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Sebelum mulai memegang kendali, duduklah di kursi pengemudi. Kenali satu per satu bagian yang ada di dalam mobil. Pahami fungsinya dan seperti apa cara menggunakannya. Hal ini sangat penting karena Anda akan menggunakan semua komponen tersebut ketika mengemudi nanti.

3. Atur Posisi Duduk yang Nyaman

Tips belajar mengemudi mobil berikutnya yang juga penting untuk dilakukan adalah atur posisi duduk Anda. Posisi duduk akan berpengaruh pada kenyamanan Anda selama mengemudi. Jika Anda merasa nyaman, maka mengemudi akan jadi jauh lebih mudah. Lebih mudah pula bagi Anda untuk mengendalikan diri selama mengemudi.

Setiap orang memiliki postur tubuh yang berbeda-beda. Hal ini akan berpengaruh pada perbedaan posisi mengemudi yang dirasa paling nyaman. Oleh sebab itu cobalah untuk duduk di kursi pengemudi lalu temukan posisi seperti apa yang paling pas.

4. Tetaplah Fokus dan Kendalikan Diri

Berapa lama belajar mobil sampai lancar? Setiap orang punya proses yang berbeda-beda. Namun ada satu tips agar proses ini bisa berjalan lebih cepat. Anda harus tetap fokus saat berlatih mengemudi. Berusahalah untuk mengendalikan diri agar Anda bisa mengemudi dengan baik dan lancar. Jika Anda bisa fokus, maka proses belajar ini akan berjalan lebih cepat.

5. Praktikkan Terus Perlahan-lahan

Usahakan untuk terus praktik mengemudi secara konsisten. Banyak orang sudah menguasai teori dan bisa mengemudi pelan-pelan tapi tidak konsisten belajar. Akibatnya, kemampuan mengemudi tidak berkembang.

Oleh sebab itu teruslah mengemudi secara konsisten meskipun memang harus perlahan-lahan. Luangkan waktu untuk keluar mengemudikan mobil Anda setiap hari. Ini menjadi cara terbaik untuk membuat Anda terampil dalam mengemudi.

Jika tidak dilatih terus-menerus maka kemampuan Anda tak akan berkembang. Justru Anda semakin mahir dalam mengemudi karena terus berlatih dan konsisten. Tips ini juga menjadi cara melatih mental agar berani menyetir mobil langsung di jalanan besar.

6. Pilih Mobil yang Bodinya Tidak Besar

Saat berlatih mengendarai mobil, usahakan untuk memilih mobil yang ukuran bodinya tidak terlalu besar. Jika Anda masih belajar, maka lebih disarankan untuk menggunakan mobil yang bodinya kecil agar lebih mudah dikendalikan. Jika sudah terbiasa mengendalikan mobil berukuran kecil, maka akan jauh lebih mudah beradaptasi dengan mobil yang bodinya besar.

Salah satu pilihan tipe mobil yang bodinya kecil adalah Honda City 2021. Mobil ini memiliki bodi yang ukurannya tepat untuk dipakai berlatih mengemudi. Ukurannya lebih mudah untuk dikendalikan oleh pemula. Jika sudah mahir mengendalikan mobil ini, nantinya Anda bisa lebih leluasa belajar untuk mengemudi tipe mobil lain yang mungkin ukurannya jauh lebih besar.

Lihat Harga Terbaru Honda City di Blibli

Honda City bisa jadi pilihan tepat untuk Anda gunakan berlatih mengemudi. Informasi mengenai spesifikasi dan harga mobil ini bisa Anda lihat langsung di platform Blibli. Platform e-commerce Blibli menyediakan beberapa link produk untuk mobil Honda City. Anda bisa melihat detail produknya langsung di website atau aplikasi mereka.

Melalui Blibli, Anda bisa dengan mudah update perubahan harga dan menemukan seller dengan penawaran harga terbaik. Blibli juga sangat mudah untuk diakses, baik lewat website maupun aplikasi mobile. Informasi tentang mobil Honda City bisa Anda dapatkan dengan mudah dalam satu genggaman tangan. Jadi Anda bisa lebih mudah mendapatkan mobil ini untuk dipakai berlatih mengemudi.

Terapkan tips belajar mengemudi mobil yang sudah dibahas tadi agar Anda bisa segera lancar berkendara. Pastikan untuk membekali diri dengan niat yang kuat terlebih dahulu. Jika sudah ada niat yang kuat, pasti akan jauh lebih mudah untuk menguasai semua teori mengemudi. Jangan lupa ajak juga orang yang tepat untuk membimbing Anda mengemudi, bisa keluarga sendiri atau orang lain. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

YKP bjb dan STIE Ekuitas Bandung akan Hormati Proses Hukum Gugatan Mantan Dosen

MATAKOTA | Bandung, – Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) bjb selaku yang membawahi Sekola…