Home All News Mau Liburan ke Bandung? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recommended Untuk Dikunjungi
All News - Kronik - 1 week ago

Mau Liburan ke Bandung? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recommended Untuk Dikunjungi

Bandung, matakota.com — Anda mau liburan ke Bandung? Ini, kami kumpulkan info 10 tempat wisata di Bandung yang bisa anda kunjungi nanti. Nah jika anda bingung mau ngapain di Bandung nanti, kunjungi aja tempat-tempat dibawah ini.

10 tempat liburan di Bandung ini tersebar di area Bandung utara, selatan, dan juga Bandung timur. Umumnya tempat wisata populer di Bandung berada di area Bandung utara dan Bandung selatan. Nah, jarak kedua tempat ini cukup jauh lho. Kemungkinan besar anda tidak akan bisa mendatangi kedua area ini dalam satu hari.

Akan lebih baik jika satu hari difokuskan ke satu area aja, dan mengunjungi tempat-tempat wisata di area tersebut.

Silahkan lihat daftar lokasi liburan di Bandung yang dikutip redaksi dari nativeindonesia.com ini:

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Bandung (Foto:Net)

Farmhouse Lembang bisa dikatakan salah satu tempat wisata di Bandung terbaru. Tempat ini langsung menyedot banyak pengunjung karena lokasinya yang strategis, dan banyaknya spot berfoto yang bagus banget.

Lokasi yang strategis di ruas jalan utama Bandung – Lembang, ditambah banyaknya spot berfoto yang bagus, membuat Farmhouse Bandung langsung jadi tempat wisata di Lembang yang difavoritkan pengunjung.

Dengan desain atmosfer eropa, banyak spot unik yang pastinya bakal menarik untuk swafoto/selfie, dan di posting di media sosial. memang, Farmhouse Lembang sejauh ini menawarkan ‘wisata foto’ sebagai daya tarik utamanya. Mirip-mirip dengan Dago Dream Park, hanya berbeda konsep tempatnya saja.

Areanya sendiri sebenarnya cukup luas. Tapi di waktu Weekend bisa penuh banget sehingga terkesan sempit dan itu-itu aja.

Meskipun demikian, tempat liburan ini cocok juga dikunjungi bersama keluarga dan sikecil; ada beberapa kandang binatang yang unik, pasti menarik buat anak kecil.

Alamat Farm House Lembang tepatnya ada di  Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, tinggal langsung arahkan ke jalan utama Bandung – Lembang. Jika menggunakan jalan tol, silahkan keluar di gerbang pasteur – jalan sukajadi – jalan setiabudi – ledeng, dan tinggal lurus terus.

Anda juga bisa keluar di gerbang tol baros Cimahi, lalu menggunakan rute alternatif Cimahi – Parongpong – Lembang. Dari pertigaan Parompong – Lembang belok kanan ke arah Bandung.

2. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawarna (Foto:Net)

Nah, bagi anda yang ingin ngadem di kebun teh di Lembang, kebun teh Sukawana bisa jadi alternatif nih. Tempatnya memang sedikit tersembunyi sehingga rada jarang yang datang kesini.

Padahal, tempatnya cukup bagus lho. Kebun tehnya rapi dan hijau. Juga tidak bising. Tempatnya juga tidak begitu jauh dari Curug Cimahi ataupun Dusun Bambu.

Dari sini kita bisa menikmati gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu yang seolah tepat berada didepan mata. Tempat ini cocok sekali jadi tempat wisata alam alternatif di Bandung.

Alamat kebun teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong. Lokasi kebun teh Sukawana sendiri lumayan dekat dari Kota Bandung. Jika dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, ke lokasi jaraknya hanya sekitar 15 KM saja. Hanya saja di 2-3 KM terakhir jalannya cukup jelek. Waktu di perjalanan akan lumayan banyak habis disini.

Jika dari arah Lembang, arahkan kendaraan ke arah parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, kurang lebih 3 KM akan terlihat Mesjid di sebelah kanan. Nah tidak jauh dari situ terdapat pertigaan ke arah Sukawana di sebelah kanan.

3. Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka Bandung (Foto:Net)

Curug Cinulang terletak di perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Tapi tempatnya lebih mudah dijangkau dari Bandung, tepatnya dari Cicalengka.

Lokasinya berada di pinggir jalan dan lumayan asyik buat liburan. Bagi anda yang kebetulan ada di area Bandung timur, bisa menyempatkan diri berwisata ke Curug Cinulang ini.

Rute menuju ke Curug Cinulang satu jalur dengan rute ke hutan wisata Kareumbi Masigit. Jadi kalau mau, rekan-rekan bisa sekalian berkunjung ke dua tempat ini.

Curug Cinulang bisa dikatakan salah satu wisata curug di Bandung timur yang cukup populer.

Untuk menuju kesini, kita tinggal ikuti jalan raya Bandung – Garut dari Cileunyi. Nanti setelah masuk ke jalan by pass Cicalengka, anda akan menemukan jembatan dengan petunjuk ke arah Villa Aki – Enin di sebelah kiri. Ikuti jalan tersebut, dan di perempatan bawah jembatan ambil jalan ke kiri dan ikuti saja terus.

Letak Curug Cinulang kurang lebih 8 KM dari sini.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto:Net)

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia. Terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung, gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan waktu liburan.

Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas situs wisata ini. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2 Km dibawahnya dinamakan Kawah Domas, di kawah ini Anda dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya.

Kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban perahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses.

Jalan dari Bandung sampai ke lokasi kawah sudah bagus. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater . Anda tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang, dan belok kanan ke arah Subang dari bunderan Lembang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey (Foto:Net)

Nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing di kalangan pecinta alam. Kawah yang terletak di daerah Ciwidey sekitar 50 Km di selatan Bandung ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanahnya tersebut.

Airnya yang berwarna cerah dan terkadang berubah warna merupakan keunikan dari kawah itu sendiri.

Objek wisata Kawah Putih terletak di daerah Bandung Selatan. Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang indah dan terawat, disertai dengan suasana yang tenang dan segar amat memikat siapapun yang berlibur ke daerah ini.

Bisa di katakan, tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Bandung.

Alamat Kawah Putih terletak di daerah Bandung selatan, tepatnya di jalan Soreang-Ciwidey, tepat setelah kebun teh Rancabali. Jaraknya kira-kira 50 KM dari pusat Kota Bandung.

Rute kawah putih dari jakarta, anda cukup masuk ke tol cipularang dan keluar di gerbang tol Soreang langsung. Dari sini, tinggal ikuti petunjuk arah menuju Ciwidey saja.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan dari terminal leuwi panjang – terminal ciwidey, lalu disambung dengan angkot terminal Ciwidey – Situ Patenggang, dan berhenti tepat di gerbang masuk kawah putih.

6. Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Ciwidey

Pinini Resto and Gampling Lakeside Ciwidey Bandung (Foto: Net)

Glamping Lakeside di Rancabali – Ciwidey bisa dikatakan salah satu tujuan utama wisata di Bandung selatan saat ini. Dengan icon restoran berbentuk perahu yang besar yang ada di pinggir situ Patenggang, suasana disekitarnya indah sekali.

Destinasi wisata Bandung Selatan yang satu ini termasuk lengkap. Mulai dari fasilitas yang tersedia, pemandangan alam yang indah, tempat bermain anak, tempat makan dan minum, sampai dengan menginap di Glamping.

Kita bisa mengunjungi berbagai spot yang unik, berjalan melintasi jembatan ponton ditengah danau, tempat makan, dan lain sebagainya. Kita juga bisa melihat area sekitar dari spot terbaru disini; teras bintang.

Lokasi Glamping Lakeside Rancabali Bandung berada tepat di pinggir Situ patenggang. Tepatnya di dekat area batu cinta.

Jalan menuju Glamping Lakeside dan Pinisi Resto Rancabali Bandung tidak sulit. Rutenya sama saja seperti kita menuju ke Kawah Putih ataupun Situ Patenggang.

Anda bisa melalui jalan Kopo-Soreang-Ciwidey-Rancabali-Glamping Lakeside. Akses ke Kopo bisa via Leuwi panjang ataupun melalui gerbang Tol Kopo.

7. Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Curug Tilu Leuwi Opat Bandung (Foto:Net)

Pengen trekking ringan di Lembang? anda bisa berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat. tempatnya berada di area Parongpong Lembang, tidak jauh dari Dusun Bambu dan Curug Cimahi.

Untuk menuju ke lokasi, anda harus berjalan menyusuri trek yang tersedia kurang lebih 30 menit. Tapi, banyak banget spot bagusnya lho. Suasananya juga hijau dan adem banget.

Disini ada area outbond, camping, dan tentunya wisata air terjun dan sungai.

Lokasi Curug Tilu berada di Ciwangun Parompong, tidak jauh dari Lembang. Lokasinya terletak tidak jauh dari Curug Cimahi, kurang lebih 2 KM.

8. Curug Cimahi

Curug Cimahi (Foto:Net)

Curug Cimahi merupakan salah satu wisata alam alternatif yang dekat serta mudah dijangkau, namun masih banyak orang yang tidak tahu. Meskipun namanya Curug Cimahi, tapi air terjun ini malahan terletak tidak jauh dari lembang.

Suasana di area Curug Cimahi Bandung sangat alami dan tertata baik, anda bisa menikmati air terjun yang tinggi dengan air yang jernis, plus suasana alami yang indah.

Di malam hari, dibelakang air terjun diterangi dengan lampu warna-warni. Sekarang tempat ini dikenal juga dengan nama air terjun pelangi. Unik dan indah.

Alamat Curug Cimahi lengkapnya adalah di Jl. Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551.

Letak curug Cimahi relatif dekat dibandingkan dengan objek wisata lainnya serta akses menuju lokasinya pun cukup baik.

9. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda (Foto:Net)

Taman Hutan Raya terletak di kawasan Dago Pakar, membentang sampai ke daerah Maribaya. Di tempat yang merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia ini terdapat kurang lebih 2500 jenis tanaman.

Selain wisata botani, di taman ini juga terdapat beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi, antara lain:

Monumen Ir. H. DjuandaGua Jepang dan Gua BelandaAir Terjun DagoAir Terjun OmasAir Terjun LalayMuseum Ir.H DjuandaPrasasti Raja Thailand

Dengan suhu udara yang selalu sejuk dan suasana yang tenang, Taman Hutan Raya cocok dijadikan tempat berkumpul, bersantai dan bercengkrama bersama keluarga dan teman Anda.

Letak hutan konservasi ini dekat sekali dengan pusat Kota Bandung lho. Anda cukup naik ke arah dago pakar, dan akan ketemu langsung dengan gerbangnya.

Taman Hutan Raya ir Juanda cocok sekali buat melepas penat; dekat, mudah di akses, dan udara segar.

Lokasi/ alamat Taman Hutan Raya Juanda Bandung berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan Bandung.

Daerah ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha, dan membentang dari kawasan Dago pakai sampai dengan Maribaya Lembang.

10. Maribaya Bandung

Maribaya Bandung (Foto:Net)

Area wisata Maribaya Lembang sudah lama dikenal di Bandung, puluhan tahun lho umurnya. Tempat ini bisa dikatakan salah satu tempat legendaris di Bandung, tujuan jalan-jalan favorit orang tua dulu. Di sini kita bisa menikmati air terjun, berendam air panas, dan menikmati hutan hijau karena memang letaknya berbatasan dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Alamat dari Maribaya Resort adalah di jalan Maribaya no 105/202 Lembang Bandung. Letaknya kurang lebih 6 KM dari pasar Lembang, atau kurang lebih 14 KM dari pusat kota (Gedung Sate). Letaknya memang tidak begitu jauh dari kota, namun suasananya cukup kontras; hijau, dan segar.

Di dalam Kompleks Wisata Maribaya Resort, terdapat beberapa area utama yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Penataan ruang dan lokasi cukup bagus dan terlihat asri.

Selain itu banyak terdapat spot-spot bagus untuk berfoto ataupun beristirahat. Selamat berlibur! (Red-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Corona Indonesia 28 Februari: Kasus Baru Bertambah 5.560, Total Meninggal 36.166 Orang

Jakarta, matakota.com- Kasus baru corona di Indonesia berangsur menurun. Melansir laman Co…